Site icon Prokalteng

Kepengurusan Forum DAS Kalteng Dilantik, Sekda: Optimalkan Pengelolaan Ekosistem Sungai

Plt Sekda Provinsi Kalteng, M Katma F Dirun sampaikan sambutan, Selasa (15/10/2024). (MMCKALTENG)

PALANGKA RAYA, PROKALTENG.CO – Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah, M Katma F Dirun, mengukuhkan Kepengurusan Forum Koordinasi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) Provinsi Kalteng untuk periode 2024-2029.

Pengukuhan ini berlangsung bersamaan dengan pembukaan Rapat Pengembangan Kelembagaan Pengelolaan DAS di Palangka Raya, Selasa (15/10/2024).

Dalam sambutannya, Katma menekankan pentingnya pengelolaan DAS sebagai bagian dari pembangunan wilayah secara menyeluruh. Ia menyatakan bahwa pengelolaan DAS harus dilakukan secara holistik, melibatkan berbagai pihak, lintas sektoral, dan lintas wilayah, untuk mencapai satu kesatuan ekosistem dari hulu hingga hilir.

“Untuk memperoleh keterpaduan pengelolaan DAS yang optimal, diperlukan persepsi dan komitmen tinggi dari semua pihak, termasuk Pemerintah, Akademisi, Dunia Usaha, dan Masyarakat. Tidak ada satu lembaga pun yang memiliki otoritas penuh dalam pengelolaan DAS dari hulu sampai hilir,” ujarnya.

Katma menekankan bahwa Forum Koordinasi Pengelolaan DAS memiliki peranan krusial yang perlu dioptimalkan. Ia berharap forum ini dapat mendorong kinerja kelembagaan dalam pengelolaan DAS untuk perbaikan nyata di lapangan, tidak hanya memprioritaskan aspek fisik, tetapi juga outcome.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa setiap aktivitas pengelolaan sumber daya di DAS akan berdampak baik secara on-site maupun off-site. Oleh karena itu, terjalinnya koordinasi, integrasi, sinkronisasi, dan sinergi lintas sektor dan wilayah sangat penting untuk mewujudkan pengelolaan DAS yang rasional dan berkelanjutan.

Katma juga menginformasikan bahwa dengan diterbitkannya Peraturan Menteri Keuangan Nomor 55 Tahun 2024 tentang Penggunaan Dana Bagi Hasil Sumber Daya Alam Kehutanan Dana Reboisasi (DBHDR), mulai tahun depan, kegiatan pengembangan kelembagaan Pengelolaan DAS akan didukung dengan anggaran DBHDR. Ia pun mendorong agar rencana kerja Forum DAS untuk periode lima tahun kepengurusan segera disusun.

Sebagai informasi, kepengurusan Forum Koordinasi Pengelolaan DAS Provinsi Kalteng periode 2024-2029 terdiri dari Bismart Ferry Ibie sebagai Ketua, Kepala Bidang Pengelolaan DAS dan Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) Dinas Kehutanan Provinsi Kalteng sebagai Wakil Ketua, serta Cakra Birawa (Sekretaris I), Gunawan (Sekretaris II), dan Bendahara dari Dinas Kehutanan Prov Kalteng dan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Kahayan.

Turut hadir sebagai narasumber, Direktur Perencanaan dan Pengawasan Pengelolaan DAS, Muhammad Saparis Soedarjanto, Kepala BPDAS Kahayan, Muhammad Azis Ahsani, Kepala Dinas Kehutanan Prov Kalteng, Agustan Saining, serta perwakilan Rektor Universitas Palangka Raya dan Kepala UPT KLHK Kalteng. (mmckalteng)

Exit mobile version